Rabu, 13 Mei 2015

tugas sefran

1.      Apa perbedaan antara teknologi dan media ?
2.      Apa saja enam kategori dasar dari media ?
3.      Bagaimana rangkaian kesatuan konkret-abstrak bisa digunakan untuk membantu dalam pemilihan teknologi dan media ?
4.      Apa itu belajar ?
5.      Apa itu empat ranah belajar ?
6.      Jelaskan empat perspektif psikologis mengenai belajar.
7.      Apa saja perbedaan dan kesamaan antara belajar dalam waktu bersamaan dengan pembelajaran tidak dalam waktu bersamaan ?
8.      Apa perbedaan informasi dengan pengajaran/intruksi ?

Jawaban
1.      Teknologi adalah merupakan pemanfaatan dan ketrampilan spesifik dari perkakas dan ketrampilan dalam pendidikan seperti computer atau laptop, perangkat keras, pendidikan jarak jauh, ataupun tatap muka dengan bantuan alat pendukung sebagai media komunikasi pendidik dan peserta didik. Sedangkan media merupakan sarana komunikasi, istilah ini merujuk pada apa saja yang membawa informasi antara sebuah sumber dan sebuah penerima, kategori media adalah teks, audio, visual, video, perekayasa dan orang-orang berupa guru atau ahli bidang studi.
2.      Teks, audio, visual, video, perekayasa dan orang-orang atau ahli.
3.      -    Memilih media harus berdasarkan tujuan  instruksional yang ingin dicapai
-       Memilih media harus sesuai karakteristik siswa atau sasaran
-       Memilih media harus disesuaikan dengan jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio, visual, gerak, dll).
-       Memilih media harus disesuaikan dengan keadaan latar atau lingkungan
-       Memilih media harus memahami kondisi setempat, dan luasnya jangkauan yang ingin dilayani.  
4.      Belajar didefenisikan sebagai perubahan terus menerus dalam kemampuan yang berasal dari pengalaman pembelajaran dan interaksi pemelajar dengan dunia.
5.      -   Ranah kognitif, belajar menggunakan serangkaian kemampuan intelektual yang dapat dikelompokan menjadi informasi verbal / visual atau ketrampilan intelektual.
-          Ranah  afektif, melibatkan sikap, perasaan dan nilai-nilai.
-          Ranah kemampuan motorik, belajar melibatkan ketrampilan atletik, manual dan ketrampilan fisik lainnya.
-          Ranah interpersonal, melibatkan interaksi, hubungan diantara orang-orang.
6.      -  Behavioris perspektif, pada tahun 1950-an B. F. Skinner seorang psikolog di universitas Harvard, ia memperlihatkan bahwa penguatan atau memberi ganjaran pada respons yang diinginkan dapat membentuk pola perilaku organisme.  
-          Kognitivis perspektif, membahas bagaimana orang-orang berpikir, menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.
-          Konstruktivitas perspektif, menekankan bahwa para pemelajar menciptakan penafsiran mereka sendiri tentang dunia informasi.
-          Perspektif psikologi sosial, memusatkan pada efek organisasi sosial dalam ruang kelas terhadap belajar.
7.      - Belajar dalam waktu bersamaan (synchronous), lingkungan belajar bisa bersifat dalam waktu bersamaan (singkron) atau tidak dalam waktu bersamaan. Untuk pengajaran dalam waktu bersamaan para pembelajaran harus menghadiri pengajaran pada waktu yang sama. Pengajaran dalam waktu bersamaan terdiri dari dua macam, yaitu yang langsung, saling berhadapan antara pendidik dan peserta didik. Kedua, pendidikan jarak jauh dalam waktu yang sama, tetapi pembelajar bisa berada di tempat yang berbeda.
-          Tidak dalam waktu bersamaan (Asynchronous) pengajaran tidak dalam waktu bersamaan memungkinkan para pengajar yang berbeda untuk merasakan konten yang sama pada waktu yang berbeda-beda. Contohnya para peserta didik belajar mandiri menggunakan program komputer, CD interaktif, atau tutorial web, memperlihatkan kemungkinan pengajaran tidak dalam waktu bersamaan dalam berbagai bidang studi.

8.      pengertian informasi adalah keterangan, pemberitahuan, atau berita. Sedangkan Instruksi adalah arahan atau perintah untuk untuk melakukan suatu pekerjaan atau melaksanakan suatu tugas.
Instruksi adalah penyampaian suatu pengertian dan kecakapan kepada orang lain, untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar